Seno Gumira Adjidharma Bakal Meriahkan Pekan Sastra HMPS Sastra Indonesia UNM

Seno Gumira Adjidharma Bakal Meriahkan Pekan Sastra HMPS Sastra Indonesia UNM
Laporan Wartawan Tribun Timur (Fahrizal Syam)

Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) akan menggelar kegiatan Pekan Sastra, Rabu-Sabtu, (21-24/9/2016) mendatang.

Selamat empat hari itu, kampus UNM di Parangtambung akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan kesusastraan, serta menghadirkan beberapa sastrawan.
Ketua Panitia Pekan Sastra, Rizkiyah Ridhayanti menjelaskan, latar belakang terselenggaranya Pekan Sastra ini karena sastra Indonesia telah mengalami banyak perkembangan, khususnya dalam hal kebebasan.

"Sastra itu adalah kebebasan itu sendiri, jadi tidak ada batasan-batasan yang bisa menahan lajunya perkembangan kesusastraan," jelasnya.

"Pekan Sastra hadir sebagai salah satu wadah untuk menyalurkan apresiasi kesusastraan yang terus mengalami perkembangan," tambahnya.

Dalam Pekan Sastra nantinya, ada beberapa acara yang akan ditampilkan, di antaranya opening act yang akan menampilkan perkusi musik sampah yang dibawakan oleh mahasiswa Sastra Indonesia angkatan 2012.

"Selain itu, juga akan ditampilkan Teaterikal persembahan Sastra Indonesia angkatan 2014," jelasnya.
Pekan Sastra juga akan dimeriahkan oleh Pasar Sastra yang di dalamnya terdapat taman baca, bazar buku, aneka souvenir, baju sastra, snack, area free coffee, photo kontes dan beberapa lomba untuk memperebutkan hadiah utama.

"Kami juga memiliki rangkaian acara lainnya, seperti kelas menulis di mana pematerinya merupakan sastrawan-sastrawan Makassar seperti Aslan Abidin, Aan Mansyur, Faisal Oddang dan Prusdianto Jalil. Juga terdapat Launching Buku berjudul Control Z karya Anas Srigandi penulis asal Makassar," kata dia.

Pekan sastra tak hanya dilakukan di kampus UNM Parangtambung tapi juga di Menara Phinisi, tepatnya di gedung teater lantai 3.

Di sana, sastrawan Seno Gumira Adjidharma akan menjadi pembicara tunggal dalam seminar nasional dengan tema Peran Sastra dalam Menjaga Ingatan Sebuah Bangsa. (*)


Catatan Url : http://makassar.tribunnews.com/2016/09/06/seno-gumira-adjidharma-bakal-meriahkan-pekan-sastra-hmps-sastra-indonesia-unm



Share on Google Plus

About Unknown

0 komentar:

Posting Komentar